Selasa, 31 Maret 2009

Majalah Lama: "Tjermin Doenia" Tahun 1947


Penerbit: Tak ada keterangan spesifik. Tapi di halaman belakang terdapat keterangan yang dugaan saya adalah nama percetakannya: Druk. Ind.-Ned. Drukkerij Makassar N.V. v/h Celebes Drukkerij. Alamat Administrasi: Posbox 29, Makassar. Pengelola: Tak ada keterangan spesifik.

Majalah ini terbit sebulan sekali (bulanan). Mereka menyebut ini adalah majalah bergambar. Tapi sebagian besar gambar adalah berupa ilustrasi coretan tangan. Sedangkan fotonya sangat minim. Sebagian artikel ditulis oleh penulis lokal, dan sebagian merupakan terjemahan dari media asing. Pada nomor ini misalnya, ada tulisan berjudul Pengaruh Makanan Atas Tubuh oleh Kho Boen Wan; Lalu Persediaan-persediaan Bagi Pernikahan Kerajaan oleh Louis Wulff, M.V.O. Selain itu, banyak artikel lain yang tak ada keterangan penulisnya.

Majalah ini, tampaknya ingin menjadi cermin dari perubahan zaman, perubahan dunia. Hal itu terlihat dari teks "iklan" yang mereka tulis di halaman belakang tentang majalah ini. Bunyinya: "Tjermin Doenia. Dari hari kesehari gambar dunia berubah, dan barang siapa tak memberikan perhatiannya dalam hal ini, ia tidak mendapat penglihatan dari sesuatu yang sebenarnya BERHARGA adanya. Disusun di Indonesia Timur untuk seluruh Indonesia."

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 9/Desember 1947. Harga: f 1.50.