Minggu, 01 Maret 2009

Majalah Lama: "Horison" Tahun 1966



Penerbit: Jajasan Indonesia. Alamat Redaksi: Djl. Bonang N. 17, Djakarta. Alamat Tata Usaha: Pintu Besar Selatan No. 86-88, Djakarta-Kota. Penanggung Djawab: Mochtar Lubis. Dewan Redaksi: Mochtar Lubis; H.B. Jasin; Zaini; Taufiq Ismail; Soe Hok Djin; DS Moelijanto.

Majalah sastra ini terbit setiap bulan. Isinya, tentu saja, adalah karya-karya sastra dan artikel kebudayaan lainnya. Secara umum majalah ini cukup berbobot. Para pengasuhnya pun para seniman dan budayawan yang sangat dikenal pada zamannya. Pada edisi ini, misalnya, ada catatan kebudayaan yang ditulis oleh Soe Hok Djin; lalu artikel panjang tentang Angkata 66 oleh H.B. Jassin; Kemudian tragedi dalam empat babak, Langit Hitam, oleh Taufiq Ismail; dan masih banyak lagi. Puisi-puisi yang dimuat juga bermutu.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 2/Agustus 1966. Harga: Rp. 5,- Keterangan Cover: Taufiq Ismail oleh D.A. Peransi & H.B. Jassin oleh Djamal.

Catatan:

Penanggung Jawab dan dewan redaksi majalah ini, Mochtar Lubis, juga salah satu pengarang terkemuka Indonesia. Sejak zaman pendudukan Jepang ia telah dalam lapangan penerangan. Ia turut mendirikan Kantor Berita ANTARA, kemudian mendirikan dan memimpin harian Indonesia Raya yang telah dilarang terbit. Ia mendirikan majalah sastra Horizon bersama-sama kawan-kawannya. Pada waktu pemerintahan rezim Soekarno, ia dijebloskan ke dalam penjara hampir sembilan tahun lamanya dan baru dibebaskan pada tahun 1966. Pemikirannya selama di penjara, ia tuangkan dalam buku Catatan Subversif (1980).

Lelaki kelahiran, Padang, Sumatera Barat, 7 Maret 1922, ini pernah menjadi Presiden Press Foundation of Asia, anggota Dewan Pimpinan International Association for Cultural Freedom (organisasi CIA), dan anggota World Futures Studies Federation.

Novelnya, Jalan Tak Ada Ujung (1952 diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh A.H. John menjadi A Road With No End, London, 1968), mendapat Hadiah Sastra BMKN 1952; cerpennya Musim Gugur menggondol hadiah majalah Kisah tahun 1953; kumpulan cerpennya Perempuan (1956) mendapatkan Hadiah Sastra Nasional BMKN 1955-1956; novelnya, Harimau! Harimau! (1975), meraih hadiah Yayasan Buku Utama Departeman P & K; dan novelnya Maut dan Cinta (1977) meraih Hadiah Sastra Yayasan Jaya Raya tahun 1979. Selain itu, Mochtar juga menerima Anugerah Sastra Chairil Anwar (1992). Ia meninggal di Jakarta, 2 Juli 2004 pada umur 82 tahun

N

Tidak ada komentar: