Jumat, 06 Maret 2009

Majalah Lama: "Gema Islam" Edisi Perdana


Penerbit: Jajasan Perpustakaan Islam Pusat. Alamat Redaksi: Mesdjid Agung "Al-Azhar", Kebajoran Baru, Djakarta. Pemimpin Umum: Soedirman (Brigadir Djenderal). Penanggung Djawab: M. Rowi (Letnan Kolonel). Dewan Redaksi: H. Anwar Tjokroaminoto; Dr. A. Mukti Ali; M. Isa Edris (Let.Kol.); H. Mahbub Djunaidi. Sekretaris Redaksi: Rusjdi Hamka. Pemimpin Usaha: H. M. Joesoef Ahmad. Para Pembantu: Dr. Hamka; K.H. Fakih Usman; Jusuf Abdullah Puar; Sidi Gazalba B.A.; Mr. Imran Rosjadi; H. Aboebakar Atjeh; Osman Raliby; Mr. Abdullah Sjahrir; Drs. Bahrum Rangkuti (Let.Kol.); Aisjah Aminy; Drs. S. Baroroh Baried; Nj. Mahmudah Mawardi; H. Musjaffa Basjir.

Seperti ditulis di majalahnya, ini adalah majalah pengetahuan dan kebudayaan Islam untuk mengisi dan melaksanakan pola pembangunan Semesta Berencana. Terbit seminggu dua kali, setiap tanggal 1 dan tanggal 15. Dilihat dari susunan pengurusnya, terlihat ada beberapa personil Angkatan Bersenjata yang ikut aktif di dalamnya. Rupanya ini bukan kebetulan semata. Mereka memang mendapat tugas dari Jang Mulia M.K.N/KASAD Djenderal Abdul Harris Nasution.

Pembangunan Semesta Berencana adalah pembangunan bangsa dan tanah air besar-besaran, meliputi segala bidang, sehingga bangunlah suatu bangsa Indonesia yang besar, yang layak duduk setaraf dengan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia. Maka, dalam rangka Pembangunan Semesta Berencana ini, salah satu yang penting adalah pembangunan mental dan rohani. Nah, untuk membangun rohani inilah, salah satunya adalah dengan menerbitkan majalah ini. Ketiga personil Angkatan Bersenjata tadi mendapat tugas untuk ikut membantu.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 1/Tahun I/15 Djanuari 1962. Harga: 8,-

Tidak ada komentar: