Sabtu, 02 Agustus 2008

Majalah Lama: "Indonesia" No. 1 Januari 1950


Majalah ini sangat berbobot. Isinya berbagai karangan / pemikiran tentang kebudayaan, puisi, skesta, dan cerita pendek yang semuanya bermutu.

Pada edisi dan tahun-tahun awal ini, tak ada keterangan susunan pengelolanya. Saya hanya bisa menyebutkan beberapa nama penulis yang dimuat, antara lain, Hamka, Rusni, Dr. Prijohutomo, Intojo, dan lain-lain. Dalam edisi No. 1 Januari 1950 ini, misalnya, ada 2 (dua) karya fiksi yang menarik. Pertama, "Dengan Bentji dan Tjinta" oleh Mundingsari. Kedua, "Blora" karya Pramudya Ananta Toer.

Yang sedikit "mengejutkan", pada halaman 257 (nomor halaman tampaknya selalu diurut dari edisi ke edisi), ada Kata Perpisahan dari Pemimpin Redaksinya.

Rupanya, pada Mei 1950 itu, ada ketetapan menteri P.P.K.-RIS "ad interim" No. 10697 kab. Intinya, majalah "Indonesia" ini selanjutnya dioperkan kepada Lembaga Kebudajaan Indonesia (LKI). Salah satu alasannya, bahwa "lembaga Kebudajaan Indonesia" adalah suatu badan kebudayaan partikulir, yang dianggap patut dan sanggup menerbitkan suatu majalah kebudayaan.

Cukup mengharukan kata perpisahan dari Pemimpin Redaksi majalah ini. Setelah mengutip sebagian isi ketetapan menteri itu, Pemimpin Redaksinya menulis, "Dengan adanya ketetapan ini, selesailah sudah pekerjaan kami: merintis jalan bagi majalah ini. Kepada para pembaca dan para pembantu (terutama kepada para seniman dan sastrawan angkatan muda, yang selalu kami utamakan kesempatannya untuk memperkembangkan jiwa budayanya), tiada lain di sini kami ucapkan banyak-banyak terima kasih."

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 1/Januari 1950.

Tidak ada komentar: