Rabu, 13 Agustus 2008

Buku Lama/Langka: "Het Javaansche Tooneel Wajang Poerwa" Tahun 1923




Judul Buku: Het Javaansche Toonel Wajang Poerwa.
Bahasa: Belanda.
Penulis: J. Kats.
Tebal: 500 halaman lebih (termasuk ilustrasi).
Penerbit: Uitgave Van De Commissie Voor De Volkslectuur Weltevreden
Tahun: 1923.

Buku ini sangat menarik dan cukup lengkap isinya. Mulai dari soal sejarah wayang, gamelan, dan dalang. Juga mengulas soal kisah Mahabarata dan Ramayana. Tak ketinggalam analisa beberapa masalah seputar dunia pewayangan, termasuk simbol-simbolnya.

Yang juga menarik, di sana-sini ada ilustrasi tokoh-tokoh wayang dan adegannya. Lalu, di bagian akhir, ada lampiran gambar wayang (berwarna) yang dicetak di atas kertas khusus. Juga sketsa hitam-putih aneka senjata yang biasa dipakai dalam wayang.

Menurut saya, buku ini mestinya menjadi "bacaan wajib" bagi siapa saja yang gemar atau menekuni dunia pewayangan. Apalagi, reputasi penulisnya, J. Kats, sudah tak diragukan lagi.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya pengen sekali baca buku ini, caranya gmana? mungkin dah di scan, or klo belum tlg donk... saya pengen sekali....

Kemala Atmojo mengatakan...

Halo Pak Irwan,
Terima kasih atas komentarnya. Isi buku ini belum saya scan. Wah, kalau harus scan semua buku itu, bisa lemes juga saya he..he..he. Mendingan saya suruh tukang fotocopy bikin copynya, kali Pak he..he..

Lapak buku bekas mengatakan...

Saya punya buku tersebut (het javaansche tooneel), jika minat silahkan hubungi saya di 08128705185.
Atau kalau mau lihat kondisi bukunya silahkan datang ke kios saya di daerah Paninggilan, Ciledug - Tangerang. Harga menurut penawaran tertinggi