Minggu, 10 Agustus 2008

Majalah Gratis: "Suara Sas" 1994




Penerbit: Dewan Pimpinan Pusat Sulit Air Sepakat (DPP SAS). Alamat Redaksi: Rora Building, Jl. Pulokambing No. 14, Kawasan Industri Pulogadung, Jakara Timur. Pimpinan Umum: Drs. H. Rainal Rais. Wakil Pemimpin Umum: Arfan Sofan. Pemimpin Redaksi: Muchlis Listo, B.A. Wakil Pemimpin Redaksi: Risman Thomas. Sekretaris Redaksi: Ismet.

Moot: Media Komunikasi dan Informasi Masyarakat Sulit Air. Jangan salah, ini bukan majalah komunitas "orang susah" atau orang sulit air beneran. Sulit Air adalah sebuah daerah di Sumatera Barat, dekat Solok. Isi majalah ini aneka berita dan kegiatan yag dilakukan oleh Masyarakat Sulit Air, baik di Jakarta maupun di daerah.

Seperti yang ditulis oleh Hamdullah Salim, dalam Induk Karangan di edisi ini, sekarang banyak orang dari Sulit Air yang sukses secara material. Saat ini masyakarat Sulit Air bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia.

Namun, pada saat yang sama, beberapa "adat" Minangkabau banyak yang mulai terkikis. Misalnya, adat atau budaya "rasa pareso" yang mulai dianggap oleh sebagian kalangan, terutama kalangan muda, tidak sesuai lagi dengan perkembangan jaman. Rentetan seremonial dalam perkawinan yang biasanya panjang dan diselingi pantun bersahut-sahutan, kini juga sudah dibuat singkat. Karena sudah tak banyak lagi yang bisa "berpepatah-petitih". Perilaku anak-nak muda di kampung halaman sekarang juga sudah jauh berubah. Dan lain-lain.

Majalah yang tampak di blog adalah Edisi Kedelapan/Maret 1994.

Tidak ada komentar: