Jumat, 11 September 2009

Majalah Gratis: "Siaran Asian Games" Tahun 1962


Penerbit: Departemen Penerangan Republik Indonesia. Pengelola: Tak ada keterangan spesifik.

Majalah ini diterbitkan menjelang Asian Games IV yang akan berlangsung di Jakarta mulai 24 Agustus sampai 4 September 1962. Meski sudah ada beberapa penerbitan yang berkaitan dengan Asia Games ini, Departemen Penerangan tetap merasa perlu menerbitkan majalah ini sebagai tambahan siaran-siaran baik yang telah dilakukan oleh Organizing Committee Asian Games maupun pihak lain.

Oleh Pemerintah RI waktu itu, Asian Games IV ini dianggap begitu penting dan menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia. Terselenggaranya acara ini dapat membuktikan kepada dunia luar soal kesanggupan kita untuk terus membangun dan melaksanakan hubungan persahabatan dengan negera lain di berbagai bidang.

Demi suksenya acara ini, Presiden Soekarno berulang-ulang menganjurkan agar rakyat Indonesia menyambut duta-duta olah raga dari luar negeri itu secara meriah. Bahkan Gubernur/Kepala Daerah Djakarta Raya, Dr. Sumarno, menyatakan bahwa Ibukota dan masyarakatnya bertanggung jawab tentang berhasil atau tidaknya penyelenggaraan Asian Games ke-IV ini. Masyarakat juga diimbau agar dapat menjadi tuan rumah yang ramah.

Panitia Asian Games IV ini melibatkan banyak sekali pejabat pemerintah baik sipil maupun militer. Juga pimpinan berbagai oraganisasi serta tokoh masyrakatat. Misalnya, ada Maladi (Menteri Olagraga), Sri Paku Alam VIII, Kolonel Umar Wirahadikusumah (Panglima Komando Daerah Militer V/Djaja, Djakarta Raya), Djawoto Ketua PWI Pusat), Sitor Situmorang (Wakil Golongan Kebudayaan), dan masih banyak lagi.

Di majalah ini, antara lain, dimuat soal arti Asian Games IV untuk Indonesia; Pembangunan dalam Rangka Persiapan Asian Games IV; dan lain-lain. Ada juga daftar peserta Asian Games IV; daftar harga karcis, susunan panitia, dan daftar pertandingan.

Majalah yang tampak di blog adalah Edisi Juli/Tahun 1962. Keterangan Cover: Hotel Indonesia.

Tidak ada komentar: