Minggu, 20 Desember 2009

Majalah Lama: "Orgaan Kamanoesiaan" Tahun 1939


Penerbit: Roemah Perobatan Prodeo Cheribon. Kantoor Redactie en Administratie: Lawanggada No. 76, Cheribon. Dir - Hoofdred: Souw Koen Giok (Cheribon). Administratice: Nona Ong Im Hian (Cheribon). Hoofdcolportrice: Nona Oing Im Jang (Semarang).

Berisi artikel-artikel tentang kebajikan hidup, moralitas, dan cerita-cerita dari kitab kuno. Dalam edisi ini, misalnya, ada tulisan berjudul "Menoelak Jang Banjak Narima Ambil Jang Sedikit" oleh Tan Soe Djwan (Ngawi). Lalu "Djalankoe Bagi Oemoem" oleh Tjan Soe Kioe (Cheribon). Juga "Kamanoesiaan Beroepa Sifatnja" oleh Sie nSing Giok (Rogodjampi); dan lain-lain.

Dengan membaca majalah ini, pembaca akan tahu dan mengerti filosofi Nabi Khong Hoe Tjoe tentang kemanusiaan, kebajikan, kebenaran, kesejatian, kesopanan, yang dapat mengantarkan ke kehidupan baru. Sedangkan Roemah Perobatan ini adalah tempat konsultasi dan pengobatan aneka macam penyakit. Bagi pasien dari luar Cheribon dan Semarang, cukup menulis surat dengan menyebutkan nama yang samit, umur, penyakitnya, dan sejak kapan menderita penyakit tersebut. Jawaban dan advice-nya akan dikirim melalui pos. Tanpa dipungut bayaran alias gratis.

Majalah yang tampak di blog adalah Edisi No. 4/Tahun III/1939. Harga: 10 Cent.

Tidak ada komentar: