Kamis, 15 Oktober 2009

Jurnal Lama: "Kalam" Edisi Perdana





Penerbit: Yayasan Kalam dan Penerbit Pustaka Utama Grafiti. Alamat Redaksi: PO Box 4543/JKTM 12045. Redaksi Nomor Ini: Ahmad Sahal; Bambang Bujono; Goenawan Mohamad; Nirwan Dewanto; Sapardi Djoko Damono; S. Malela Mahargasarie; S. Prinka; Taufik Rahzen. Manajemen: Zulkifly Lubis. Distributor: Pustaka Utama Grafiti.

Jurnal ini terbit tiga bulan sekali. Menurut keterangan yang tercantum di medianya, jurnal ini meminati kebudayaan dalam arti seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Kalam bermaksud melanjutkan tradisi penerbitan majalah seni/kebudayaan yang pernah ada di tanah air, serta menggabungkan diri dengan keinginan yang makin luas untuk menyelenggarakan kehidupan intelektual yang makin sehat. Kalam mencoba mengangkat pelbagai pokok soal dengan cara pandang baru, serta menceburkan diri pada arus-arus penciptaan dan pemikiran yang sedang hidup di pelbagai penjuru.

Dalam edisi ini, antara lain, ada esei berjudul Carut-marut yang Bikin Kagum dan Cemas (Nirwan Dewanto); Kemudian, Di Manakah Emansipasi (Ahmad Sahal); Menolak Logosentrisme, Merayakan Perbedaan (Tommy Awuy); Revolusi dan Praksis Anarkis (Goenawan Mohamad); Postmodernisme: Yang Mana? (Ariel Heryanto); dan lain-lain. Juga ada cerpen Putu Wijaya; Puisi Akhudiat; dan lain-lain.

Jurnal yang tampak di blog adalah Edisi 1 Tahun 1994. Cover Depan: Seekor Anjing Yang Jatuh Ke Bumi (1992 - 1993), karya Eddie Hara.

Tidak ada komentar: