Rabu, 22 Oktober 2008

Novel Bahasa Jawa: "Tresna Toh Pati"


Judul: Tresna Toh Pati.
Karjane (Karya): Any Asmara.
Gambar: S. Kendra.
Kawetokake Dening (Diterbitkan Oleh): C.V. Usaha "Kawan"
Tahun: 1962.

Catatan:
Menurut keterangan penulisnya, Any Asmara, cerita ini benar-benar kejadian nyata yang dialami oleh salah seorang sahabatnya. Sebelum meninggal di rumah sakit, sahabat tersebut berpesan agar apa yang dialami dijadikan cerita pendek, supaya bisa menjadi teladan bagi masyarakat banyak. Hanya nama dan dan tempatnya yang diganti. Sebab masih ada keluarga sahabatnya yang masih hidup.

13 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mengharapkan sekali novel novel berbahasa jawa terutama karangan any asmara bisa diterbitkan di internet (topmdi) sehingga tidak akan punah

roes_m mengatakan...

saya punya beberapa novel bhs jawa karya any asmara, untuk melestarikan bahasa jawa ingin sekali men-share ke teman2 melalui blog tetapi takut terkena undang2 HAKI (melanggar hak cipta). barangkali ada teman2 yg bisa memberikan pencerahan!!!

Anonim mengatakan...

Maaf sebelumnya ini pertama kali saya visit di blog anda Mbak Keumala. Saya tertarik untuk membaca Novel Bahasa Jawa 'Tresna Toh Pati'. Disebutkan novel ini adalah kisah nyata. Apakah buku2 yang disebutkan diblog ini untuk dijual/dipinjam atau untuk bahan diskusi?
Terima kasih sebelumnya

Kemala Atmojo mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya,
blog ini hanya sekadar untuk menyimpan atau mendukemntasikan sebagian koleksi yang saya punya. Tak ada maksud lebih dari itu.
Sekali lagi terima kasih.

Rara Indah (@wawawisky) mengatakan...

Salam kenal untuk semuanya, saya Rara. Saya mau tanya kepada Mbak Kemala, apakah novel Tresna Toh Pati ini masih ada di Anda? Saat ini saya sedang mencari novel tersebut sebagai acuan dalam rangka penulisan rancangan skripsi. mohon bantuannya sekali mbak infonya. ini alamat email saya raraindah.novanindyah@gmail.com semoga mbak berkenan untuk membalas pertanyaan saya via email.
terima kasih..

Pak Hadi mengatakan...

Sy pernah baca novel karya any asmara dalam bentuk pdf, tiap dua halaman di foto trus di masukkan ke blokspot dlm bentuk pdf, bisa dibaca tdk bisa dijual

Maulana ishaq mengatakan...

Apakah ada unsur intrinsik dan ekstrinsiknya?? Tlng jwb. Krna ini pntng buat tugas

Unknown mengatakan...

Saya sangat senang membaca karya 2 Any Asmoro..
Harapan saya, saya bisa mengikuti karya 2 nya lewat internet.. terima kasih..

BLOG ERI mengatakan...

Maaf pak apakah boleh min ta filenya? Atau dapat filenya dpt dari mana? Bisa hubungi di email nurlitaeric@gmail.com

Tukino mengatakan...

Mohon kl ada yg punya novel Bhs Jawa judu apa saja tolong dishare, kirim ke saya.. Maturnuwun. 081218146655

Tukino mengatakan...

Mas roes_m mohon kl berkenan saya dikirim novel bhs jawa karya any asmara. Mtrnwn

Unknown mengatakan...

Pujering cerita novel trena toh Pati

Anonim mengatakan...

Sama dg permintaan pak Tukino, berkenan unt bisa dishare novel bahasa jawa apasaja yg isinya tdk mengandung pornografi untuk melengkapi tugas, mhn dpt dikrm via email indri.ramadhana@gmail.com tks