Kamis, 09 Oktober 2008

Majalah Lama: "Aktuil" Tahun 1976






Penerbit: CV Aktuil. Alamat Redaksi: Jl. Lengkong Kecil No. 57, Bandung. Pimpinan Perusahaan/Umum: Toto Rahardjo. Penanggung Jawab: Bernard Yuyanto. Foreign Editor: Denny Sabri. Dewan Redaksi: Man HS; Billy S.; Maman S.; Odang Dana atmadja. Dokumentasi: A. Sumardan W. Photography/Reprography: Is. Goenadi Haryanto. Design/Layout: Man HS; Deddy Suardi; Tonny, J.B.; Kusnaedi; Odang D.; Dkk. Koresponden: Bens Leo (Jakarta); Zappha Group (Jakarta); Milur Milardi (Semarang); Juleng Hidayat (Surabaya); Papa Finfin (Medan); Yoyo Dasriyo (Priangan Timur); Ipong C (Bali); Amara (Palembang).

Mottonya: Majalah untuk Kaum Muda dan Mereka yang Berhati Muda. Terbit pertama kali pada 30 Mei 1967. Majalah dua mingguan ini pernah sangat populer di kalangan anak muda, khususnya pecinta musik, pada era 1970 hingga 1980-an. Pada edisi-edisi awal, formatnya agak kecil. Baru kemudian menjadi lebih besar dengan logo yang juga baru. Harganya pun dari waktu ke waktu terus meningkat. Misalnya, pernah dijual eceran seharga Rp. 40,- kemudian pernah Rp. 250,- dan seterusnya.

Di bagian tengah biasanya terdapat bonus poster, sticker, dan gambar setrika. Gambar ini bisa disetrika di atas kaus sehingga tulisannya menempel. Selain itu, sesekali terdapat "kata-kata unik" (seperti terlihat di blog ini). Kata-kata itu biasanya digunting dan di tempel di depan pintu atau kamar para pencintanya.

Majalah yang tampak di blog adalah No. 214/7 Februari 1976. Harga: Rp. 350,-

Tidak ada komentar: