Rabu, 22 Oktober 2008

Novel Bahasa Jawa: "Tresna Toh Pati"


Judul: Tresna Toh Pati.
Karjane (Karya): Any Asmara.
Gambar: S. Kendra.
Kawetokake Dening (Diterbitkan Oleh): C.V. Usaha "Kawan"
Tahun: 1962.

Catatan:
Menurut keterangan penulisnya, Any Asmara, cerita ini benar-benar kejadian nyata yang dialami oleh salah seorang sahabatnya. Sebelum meninggal di rumah sakit, sahabat tersebut berpesan agar apa yang dialami dijadikan cerita pendek, supaya bisa menjadi teladan bagi masyarakat banyak. Hanya nama dan dan tempatnya yang diganti. Sebab masih ada keluarga sahabatnya yang masih hidup.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mengharapkan sekali novel novel berbahasa jawa terutama karangan any asmara bisa diterbitkan di internet (topmdi) sehingga tidak akan punah

roes_m mengatakan...

saya punya beberapa novel bhs jawa karya any asmara, untuk melestarikan bahasa jawa ingin sekali men-share ke teman2 melalui blog tetapi takut terkena undang2 HAKI (melanggar hak cipta). barangkali ada teman2 yg bisa memberikan pencerahan!!!

Anonim mengatakan...

Maaf sebelumnya ini pertama kali saya visit di blog anda Mbak Keumala. Saya tertarik untuk membaca Novel Bahasa Jawa 'Tresna Toh Pati'. Disebutkan novel ini adalah kisah nyata. Apakah buku2 yang disebutkan diblog ini untuk dijual/dipinjam atau untuk bahan diskusi?
Terima kasih sebelumnya

Kemala Atmojo mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya,
blog ini hanya sekadar untuk menyimpan atau mendukemntasikan sebagian koleksi yang saya punya. Tak ada maksud lebih dari itu.
Sekali lagi terima kasih.

wawa 'si monyet besar' mengatakan...

Salam kenal untuk semuanya, saya Rara. Saya mau tanya kepada Mbak Kemala, apakah novel Tresna Toh Pati ini masih ada di Anda? Saat ini saya sedang mencari novel tersebut sebagai acuan dalam rangka penulisan rancangan skripsi. mohon bantuannya sekali mbak infonya. ini alamat email saya raraindah.novanindyah@gmail.com semoga mbak berkenan untuk membalas pertanyaan saya via email.
terima kasih..