Rabu, 03 September 2008

Buku Lama: "Proses Peradilan Jusuf Muda Dalam" Tahun 1967


Judul: Proses Peradilan Jusuf Muda Dalam (Ex Menteri Bank Sentral).
Penerbit: Kejaksaan Agung Bidang Khusus.
Tahun: 1967.
Tebal: 318 halaman.

Menurut saya, ini salah satu buku yang berharga untuk dibaca, guna mempelajari sejarah, khususnya sejarah politik, bangsa Indonesia. Buku ini sangat rinci mengungkap proses peradilan bekas Menteri Bank Sentral itu.

Bahkan transkrip persidangan pun dimuat. Transkrip tanya-jawab antara jaksa dan para saksi (kebanyakan orang terkenal) juga ada. Dilengkapi pula dengan berbagai lampiran SK atau Surat Perintah dari pejabat-pejabat tinggi. Termasuk teks Supersemar, serta Surat Perintah Penangkapan Jusuf Muda Dalam (JMD) dari pejabat waktu itu, dan lain-lain.

Proses penangkapan JMD dan proses pengadilannya menjadi berita besar di hampir semua media waktu itu (1966). Sebab peristiwa ini memang besar dan penting dalam sejarah politik Indonesia.

Bagi Anda yang saat ini berusia di bawah 30 tahun, coba iseng-iseng menanyakan siapa JMD ini kepada orangtua Anda. Maka Anda akan tahu "kebesaran" beliau dan paham bahwa peristiwa ini dianggap begitu penting.

Tidak tanggung-tanggung, yang menyerahkan berkas perkara ini kepada Jaksa Agung adalah Jenderal Soeharto sendiri selaku Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban, pada 13 Agustus 1966.

Pendeknya, menurut saya, buku ini layak dibaca oleh peminat sejarah politik Indonesia. Tentu dengan pemahaman baru, dengan konteks baru.

1 komentar:

Baba mengatakan...

iya mas seru banget... saya juga sudah baca karena saya juga punya bukunya