Kamis, 04 September 2008

Buku Lama: "Gerakan 30 September di Hadapan Mahmillub (Perkara Njono)" Tahun 1966


Judul: Gerakan 30 September di Hadapan Mahmillub (Perkara Njono).
Penerbit: Pusat Pendidikan Kehakiman A.D (AHM - PTHM).

Barangkali tak ada satu pun warga negara Indonesia yang sudah dewasa tak pernah mendengar kata "G30S PKI" atau "Gerakan 30 September". Sejak di bangku Sekolah Dasar (SD) kita sudah biasa dicekoki dengan kata-kata itu.

Tapi, tetap saja --bagi sebagian dari kita -- peristiwa itu masih "gelap" atau "samar-samar". Karena itu, buku ini cukup membantu untuk memperjelas apa gerangan "Gerakan 30 September" itu. Apalagi, membaca buku ini ibarat menyaksikan "siaran langsung" sidang pengadilan yang menyangkut tokoh yang begitu dikenal luas: Njono.

Secara rinci proses pengadilan Njono di hadapan Mahmillub (Mahkamah Militer Luar Biasa) pada tahun 1966 itu ada di buku ini. Transkrip sidang demi sidang dimuat, baik sidang Njono sendiri maupun sidang yang menghadirkan saksi-saksi. Ada pula lembar pembelaan Njono yang dalam hal ini diwakili oleh Ny. Tress Sunito SH. Plus foto-foto, baik foto Njono maupun foto-foto saat persidangan.

Njono bin Sastroredjo alias Tugimin alias Rukma disebutkan adalah anggota Politbiro CC PKI merangkap Sekretaris Comite Daerah Djakarta Raya/CDR. Ia juga anggota DPRGR, anggota MPRS, anggota PB Front Nasional, dan juga anggota Dewan Produksi Nasional.

Sungguh, buku ini adalah sebuah dokumen yang menarik untuk dibaca oleh generasi muda, khususnya mereka yang tertarik dengan masalah politik dan hukum di Indonesia. Dan, sungguh, menggetarkan hati.


Catatan KA: Ada halaman yang hilang di bagian akhir buku ini. Saya perkirakan jumlahnya sekitar 16 halaman. Tapi, menurut saya, hal itu tidak mengurangi isi dan pentingnya buku ini. Sebab bagian yang hilang itu adalah sebagian saja dari halaman Putusan Hakim Ketua yang menolak eksepsi pembela. Dan, Surat Keputusan Men/Pangad selaku Kopkam tentang persetujuan pelaksanaan eksekusi.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Pak, kalau kepengen baca buku ini caranya bagaimana? Trims

Anonim mengatakan...

sebenernya buku2 ini cuma dipamerin atau bisa didownload?
kalo cuma buat pamer mending gak usah di posting mas, udah terlalu banyak situs yg terang2an jualan buku.itu malah lebih mendingan.

Kemala Atmojo mengatakan...

Anonim,
Blog ini, seperti tertulis di pengantarnya, sekadar untuk menyimpan sebagian dari koleksi pribadi. Tidak ada maksud lain.
Dengan memasukkan koleksi, satu demi satu, saya pribadi jadi tahu apa yang ada di gudang saya. Jadi tidak dijual.
Begitulah maksud blog ini.

Kemala Atmojo mengatakan...

Mitha,
Buku ini banyak kok di pasar loak. Rasanya sih begitu.

yanmaneee mengatakan...

yeezy shoes
nike lebron 15
adidas ultra boost
longchamp handbags
hermes bag
jordan 11
hermes online
golden gooses outlet
off white
balenciaga speed trainer