Minggu, 22 November 2009

Majalah Lama: "Kentjana" Tahun 1955


Penerbit: Pustaka, Penerbit & Pertjetakan "N.V. Endang". Alamat Redaksi: Tanah Abang Barat No. 80 A, Djakarta. Pemimpin Umum: S. Sutardjo. Pemimpin Redaksi: Rd. Lingga Wisjnu M.S. Redaktur: Imlhas Dyz's. Ilustrator: M. Lessy. Djuru Potret: Munier's Photo Service.

Ini adalah majalah film, drama, dan cerita pendek. Isinya ada resensi film, laporan dari daerah, dan kasus-kasus yang terjdi di dunia perfilemen. Dalam edisi ini, misalnya, ada tulisan mengenai Menyanbut Kelahiran Sekolah Seni-Drama di Indonesia oleh Amrin Thaib. Lalu Film dan Masyarakat di Banjarmasin oleh A. Ludji.

Lalu, yang juga menarik, ada tulisan singkat mengenai "Skandal Rp. 300.000,-". Peristiwa ini terjadi Panitia Sensor Pusat. Ceritanya, salah seorang pegawai yang diserahi kepercayaan memegang uang, telah memakai uang tersebut untuk kepentingan pribadi. Ketika P.P & K hendak mengambil uang tersebut, diketahui bahwa kas telah kosong. Kemudian dimuat juga sebuah Surat Terbuk untuk Seluruh Artis Film Indonesia dari sesorang yang menamakan diri Rakyat Jelata Anta Pengeruk Kantong Rakjat. Isinya, penulis ini geram dengan harga tiket sebuah pertunjukan di Surabaya oleh artis-artis Ibukota yang dinilainya terlalu mahal: Rp. 20,- (paling rendah) dan Rp. 60,- (paling mahal).

Majalah yang tampak di blog adalah No. 4/Tahun III/1 Oktober 1955. Harga: Rp. 2.50,-. Cover Depan: MS. Prijadi, pemain baru dari Persari, yang dibesarkan oleh Asrul Sani.

1 komentar:

NUR ISLAMA DIENA mengatakan...

Wah, saya tidak menyangka ternyata Alm Eyang saya M.S.Priadi foto-nya ada di Blog ini, Apakah bisa saya mendapatkan fotokopi-an dari majalah ini. Terima Kasih