Minggu, 27 Juli 2008

Majalah Lama: "Djojobojo" Tahun 1950





Penerbit: Tak Ada Keterangan. Pengelola: Tak Ada Keterangan. Alamat Redaksi / Administrasi: Djalan Ngadisimo No. 19, Kediri. Belakangan, untuk urusan redaksi, alamatnya di: Tromolpos 68 Surabaya.

Jika sebelumnya ada majalah bernama "Djaja Baja" yang berbahasa Jawa, maka "Djojobojo" yang ini menggunakan bahasa Indonesia. Terbit 4 (empat) kali sebulan.

Banyak artikelnya yang menarik. Terutama mengenai politik dan sosial dalam negeri. Di majalah ini pula (dalam edisi yang lain) ada tulisan tentang "perang-dingin" antara Armijn Pane dengan Pelajar Islam Indonesia (PII) Cabang Medan. Masalahnya adalah adegan "kissing" yang ada di film "Antara Bumi dan Langit", yang diprotes PII Medan. Intinya, menurut PII, adegan itu bukan kebudayaan asli Indonesia".

Armijn Pane melakukan pembelaan. Dengan marah ia menulis pamflet empat halaman yang kemudian disebarkan ke berbagai media massa. Armijn menggugat soal apa yang disebut-sebut oleh PII sebagai "kebudayaan Indonesia Asli" itu.

Majalah yang di blog ini adalah No. 9 Tahun V/1 Maret 1950. Cover Depan: Alm. Pak peno, Menteri Pembangunan dan Pemuda Republik Indonesia. Harga Eceran: f 1.25,-

Tidak ada komentar: