Senin, 21 Juli 2008

Majalah Lama: "Kunthi" Tahun 1969





Penerbit: Yayasan Penerbit "Lohjinawi". Alamat Redaksi: Jl. Merdeka Barat No. 20, Jakarta. Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab: Drs. G. Dwipajana. Wakil: Surya-Hadi, H.A.



Majalah ini terbit sejak Agustus 1969. Tujuannya adalah untuk: "Anggajuh Kaluhuraning Kebudajaan lan Kemadjuwaning Bangsa".

Meski bernama Kunthi, majalah ini bukan ditujukan khusus untuk kaum wanita. Juga bukan majalah wayang. Ini adalah majalah umum. Nama "Kunthi" dipilih karena ia adalah seorang Ibu. Ibunya Pandawa, yang bisa mendidik anak-anaknya menjadi satria berguna bagi nusa dan bangsa.

Selain berisi artikel-artikel umum, juga selalu ada rubrik bernama "Kepresidenan". Rubrik ini memuat berbagai aktivitas Presiden Soeharto dan acara-acara yang terjadi di Istana.

Di halaman akhir juga selalu ada foto-foto menarik untuk dilihat lagi atau untuk dikenang. Misalnya, dalam Majalah Kunthi No. 2 tahun 1969, di halaman akhirnya ada foto anak ragil mantan Presiden Soeharto: Siti Hutami Endang Adyningsih Soeharto, yang sedang mencoba bermain 'gender'. Harga eceran Rp. 70,-

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Mungkinkah Majalah Kunthi dapat dihidupkan lagi untuk menjaga kebudayaan jawa (setidaknya bahasa jawa) yang mulai dilupakan oleh bangsa jawa sendiri.
Raosipun sedih menawi kita bangsa jawi mangertosi bilih basa lan budaya Jawi sampun dipun kiwakaken utawi dipuntilar, malah boten dipun ipuk-ipuk lestantunipun dening bangsa Jawi piyambak.

Kemala Atmojo mengatakan...

Mungkin mawon. Nanging sinten ingkang purun nerbitake nggih? Sakmeniko wonten majalah ingkan nganggih boso Jowo: Dhamar Djati.

Sri Budi mengatakan...

Pak Kemala Atmojo,
Dimana kira-kira saya bisa melihat atau mendapatkan copy majalah Kunthi ini ya? Untuk keperluan penelitian bahasa Jawa.
Terima kasih.

Kemala Atmojo mengatakan...

Pak Sri Budi,
Saya kira majalah ini bisa dilihat di beberapa perpustakaan. Mungkin lho ya.