Minggu, 20 Juli 2008

Majalah Lama: "KOMPAS" Tahun 1952


Penerbit: Jajasan "Kompas". Alamat Redaksi: Jl. Raden Saleh No. 27, Jakarta Pusat. . Pemimpin Umum: Suharto Padmodarmojo. Pemimpin Redaksi: Nugroho Ns. Redaksi: Ramadhan KH, Harry Suhardjo, Muharjo Djojodigdo, M. Sudjati Suria, dan Hasto.

Jika koran harian Kompas yang kita kenal sekarang ini terbit pertama pada 28 Juni 1965, maka jauh sebelumnya "Majalah KOMPAS" ini sudah ada, yakni sejak tahun 1951. Terbit dua kali sebulan.

Sasaran majalah ini, seperti tertulis di majalahnya, diperuntukkan bagi generasi baru yang berhasrat memperdalam keinsyafan dan memperluas penetahuan untuk menempuh haluan baru dalam hidupnya.

Gambar yang Anda lihat di blog ini adalah Majalah KOMPAS No. 15 Tahun II November 1952.

2 komentar:

kolomhumor mengatakan...

Cukup elok Cak. Aku juga baru tahu kalau dulu ternyata telah ada majalah yang bernama Kompas. Tapi ngomong-ngomong, majalah atau koran yang ada kartun/karikatur lama sudah punya belum? Kalau punya diposting juga dong, biar aku juga ikutan menikmatinya. Sekian, maju terus...! Unik dan menarik!

Kemala Atmojo mengatakan...

Ada, Dar. Tunggu tanggal mainnya ya. Sebenarnya, banyak sekali kartun/humor/komik yang tersebar di banyak majalah yang saya punya. Sabar ya.

O, ya, pemberi komentar ini adalah Darminto M. Sudarmo, tokoh humor nasional. Apa saja tentang humor di Indonesia beliau tahu. Mulai sekarang, saya "angkat" beliau jadi Presiden Humor Indonesia.