Rabu, 14 Januari 2009

Majalah Lama: "Mekatronika" Tahun 1981


Penerbit: Perhimpunan Hasta Karya Indonesia (Haskando). Alamat Redaksi: Jl. RE Martadinata No. 165 A, Bandung. Pimpinan Umum: Ir. Adi Dharma Soelaiman. Wakil Pimpinan Umum: Saidharsyah. Pimpinan Redaksi: Drs. Mohamad Ali. Penanggung Jawab Isi: Ir. Adi Dharma Soelaiman; Drs. Mohamad Ali; Achmad Soedono. Dewan Redaksi: Prof. Dr. Ing. Iskandar Alisyahbana; Ketut Karsa M.A.Sc.; Ir. Soelaiman Nasseri; Ir. Baidilah; Ir. Herman Yudawisastra; Ir. Hananto Brasali; Ir. Hardianto Kamarga; Ir. Santoso Wardoyo; Ir. Hardiono. Redaksi Pelaksana & Reporter Tehnik: Gatoet Bramanto; I Wayan Susila. Artistik & Layout: Ma'mun Effendi; Budi Setiawan. Distribusi & Usaha: Saidharsyah. Kit Hobby: Rudianto. Tata Usaha & Administrasi: Meitty Purwantini.

Ini adalah majalah sains, teknologi populer, dan hobi hasta karya. Maka sudah jelas isinya adalah aneka informasi yang berkaitan dengan bidang ilmu tersebut. Rubrik-rubriknya, antara Lain, Laporan Utama; Penemuan Baru; Teknologi; Energi; dan masih banyak lagi. Terbit setiap bulan, sejak tahun 1977.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 2/Tahun IV/1981. Harga Rp. 750,-
Catatan: Saya punya Edisi Perdana Majalah ini.

15 komentar:

ado mengatakan...

dulu kakak saya punya banyak majalah mekatronika. bagus sekali isinya, kayak popular mechanics

Anonim mengatakan...

Wah klo sampe tersiar harga mekatronika yg di loakan bisa jadi naik 10x lipat

admin mengatakan...

sekarang masih terbit ga majalah mekatronika itu... adakah yang bisa memberikan informasi keberadaan Jurnal Terakreditasi bidang Mekatronika di indonesia ni ??? terimakasih buat informasinya..:)

umar mengatakan...

ini majalah yang menemani masa pertumbuhan saya dari SMP s.d. SMA sekitar 25 tahun yang lalu. Majalah yang sederhana dalam tampilan, harga sangat terjangkau, tapi isinya sangat bermutu.
Isi majalah ini yang mengawali berkembangnya minat saya ke dunia engineering.

Kemala Atmojo mengatakan...

Halo Pak Umar,
Saya ikut senang mendengarnya.

Unknown mengatakan...

Mas Kem, ini salah satu majalah favoritku jaman SMP. Hmm,jadi pengen bongkar-bongkar lemari buku ku nih. Btw dulu sempat ada juga majalah HOBBY, isinya al. tentang aeromodelling. Sampeyan punya salah satu copynya?

Kemala Atmojo mengatakan...

Gogor, ya saya punya majalah HOBBY itu juga. Mungkin belum saya upload aja...

Anonim mengatakan...

Ady: Ini majalah nostalgiaku ketika aku SMA membuat aku jadi menekuni bidang mesin dan elektronika padahal aku lulusan SMA bagian IPS.Bravo!

Naufal Robotics mengatakan...

maajalah ini menemani saya saat masih kecil hingga kini sudah berusia 40th. Saat ini bahkan tidak ada majalah sejenis yang berbahasa indonesia....

Unknown mengatakan...

gimana cara mendapat majalah tersebut saya berminat tlg hubungi saya No. Hp 085642235789

Anonim mengatakan...

Subhanallah....Masih tergiang dibenak saya akan majalah-majalah ini (mekatronika,elektron? ) yang diterbitkan dari Bandung.

Saat dunia semakin maju, malah kita tidak bisa menerbitkan majalah sejenis ini.

Mohon agar pihak2 tertentu mempertimbangkan lagi untuk menerbitkan majalah sejenis.Salam

http://training-mikrokontroler.info

Anonim mengatakan...

saya masih banyak majalah lama tsb yg diterbitkan oleh HME ITB mulai kenal saat di smp saat ini sudah rapuh karena kualitas kertasnya kurang baik (coklat) harganya murah sih bahkan saya masih simpan kit CB dari HME ITB bandung tapi lristalnya tak lengkap , kanangan lama

Pin mengatakan...

Wah, jadi inget masa2 SMP. Apakah majalah ini masih terbit?

Bambang Aribowo mengatakan...

Duuh, jadi kangen mbaca majalah ini. Ada satu edisi yang sampai sekarang masih melekat di ingatan saya, yaitu yang ada artikel tentang ekspedisi wahana antariksa Voyager ke planet Saturnus. Kalo nggak salah sampulnya berwarna coklat dan bergambar wahana Voyager.

Anonim mengatakan...

Jadi teringat waktu SMP. Pernah baca2 milik teman, tapi gak kuat beli, maklumlah dulu jaman masih susah...