Kamis, 11 Juni 2009

Majalah Gratis: "Gema Angkatan 45" Tahun 1977


Penerbit: Dewan Harian Nasional (DHN) Angkatan 45. Alamat: Gedung Juang 45, Jl. Menteng Raya No. 31, Jakarta Pusat. Koordinator: M. Jusuf Ronodipuro (Ketua Bidang Humas DHN Angkatan 45). Pemimpin Umum: Soepartono Brotosoehendro. Pemimpin Redaksi: Suwardy. Redaktur Pelaksana: Jailani Sitohang SH. Staf Redaksi: J.R. Chaniago; Sutikno Ekoputro; Masri Djalil. Pembantu Tetap: Bustaman SH; Munadji (Surabaya).

Isinya adalah artikel-artikel dari penulis terkenal mengenai berbagai masalah seperti pemerintahan, kepimimpinan, dasar-dasar negara, dan juga perkembangan politik internasional. Dalam edisi ini, misalnya, ada tulisan Christianto Wibisono mengenai Perspektif Kepemimpinan Politik Kita di Masa Depan. Dan berbagai artikel lainnya.

Sebelumnya, tepatnya pada tahun 1964, pernah terbit majalah bernama "Angkatan 45" (tanpa kata "Gema"). Majalah itu diterbitkan oleh Dewan Musyawarah Angkatan 45. Terbit dua mingguan. Alamatnya juga di Jalan Menteng Raya 31. Sedangkan majalah yang tampak di blog ini diterbitkan oleh Dewan Harian Nasional Angkatan 45. Terbit bulanan. Jadi, dugaan saya, majalah ini adalah kelanjutan dari majalah "Angkatan 45" yang sebelumnya. Majalah "versi" lama itu juga ada di blog ini.

Majalah yang tampak di blog adalah Edisi No. 12/September 1977.

Tidak ada komentar: