Jumat, 30 Maret 2012

Majalah Lama: "Ratoe Timoer" Tahun 1939




Penerbit: Kolff-Buning, Djocja. Redactie Di Bawah Pimpinan: Andjar Asmara. Stateekenaar: Nasroen A.S.

Majalah bergambar yang terbit setengan bulanan, yakni tiap tanggal 1 dan 15. Isinya adalah berita-berita bergambar baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Topiknya ada soal film, profil tokoh, masalah wanita, komik,dan lain-lain. Dalam edisi ini, misalnya, ada tulisan mengenai sekolah Raden Dewi Sartica. Lalu profil singkat Basoeki Abdullah dengan lukisannya.

Nah, ini yang juga menarik: dalam edisi ini, ada pengumuman oleh redaksi, bahwa mulai eidi No. 3, nama majalah ini akan diubah menjadi "RADJA TIMOER". Saya tuliskan saja pengumuman redaksinya itu di sini dengan ejaan baru:

"Dengan ini kita beritahukan kepada pembaca kita bahwa atas permintaan dari S.P.Y.M.M. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria Mangkunegoro VII, Hoofd van het Mangkoenegorosche Huis di Soerakarta, nama majalah ini mulai edisi No. 3, akan diubah menjadi "Radja Timoer". Hal ini berhubung dengan Permaisuri dari S.P.Y.M.M yang memakai gelar dan nama "Ratoe Timoer".

S.P.Y.MM sudah memperkenankan edisi No. 1 dan No. 2 majalah ini diterbtkan dengan nama "Ratoe Timoer", sehingga dengan perubahan nama ini tiadalah mendatangkan kerugian bagi penerbit.

Terhadap S.P.Y.M.M. dengan jalan ini kami mengucapkan banyak terima kasih atas cara yang amat menyenangkan dalam cara Beliau menyelesaikan hali ini."

Redaksi.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 2/Tahun I/15 Februari 1939. Harga: 15 sen.

Tidak ada komentar: