Selasa, 28 Februari 2012

Majalah Lama: "Baranangsiang" Tahun 1965





Penerbit: Jajasan Kabudajaan Baranangsiang. Alamat 1: Djalan Buahbatu 45, Bandung. Alamat 2: Djalan Dewi Sartika 64, Bogor. Pupuhu: Nj. E. Rochamina Sudarmika. Pangaping: R. Oeton Mochtar; Samsa Sasmitadimadja, SH. Panangkes: Saleh Danasasmita. Girangrumpaka: Drs. Yus Rusyana. Djurupair: Tjandrahajat; S.A. Hikmat; Rakean Minda Kalangan. Djuru Gambar: Onong Nugraha; Herry S. Tjandoli (Tata Usaha): Moh. Sidik; H. Hamzah.

Motto: Kaweruhing Rasa Kusumaning Rasa. Terbit bulanan. Berisi tulisan-tulisan tentang kebudayaan Sunda. Ada yang berupa kajian, puisi, cerita pendek, cerita wayang, cerita legenda, dan juga cerita pendek terjemahan dari naskah asing. Semua isinya ditulis dalam bahasa Sunda.

Dalam edisi ini, misalnya, S. Danasasmita menulis dengan judul "Sato-sato Karamat Dina Kaperdjajaan Sunda". Lalu Asmalasuta menulis tentang "Babad Lokapala". Kemudian ada puisi Wahyu Wibisana yang diberi judul :Tanah Wasiat, Tanha Duriat". Dan lain-lain.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi 3 - 4/Tahun II. Tak ada keterangan tahun. Dugaan saya sementara: Tahun 1965. Harga: Rp. 125,- (Bandung) dan Rp. 130,- (Luar Bandung).

Tidak ada komentar: