Kamis, 10 November 2011

Majalah Lama: "Pustaka Marxis" Edisi Perdana




Penerbit: Depagitprop CC PKI. Alamat: Tak ada keterangan spesifik. Pengelola: Tak ada keterangan spesifik.

Saya kutipkan saja beberapa kalimat dalam Kata Pengantar majalah ini:

Sesuai dengan perkembangan Partai dan gerakan revolusioner pada umumnya di negeri kita yang semakin besar, sudah lama dirasakan kebutuhan yang sangat akan adanya suatu penerbitan mengenai soal-soal teori dan politik dari revolusi Indonesia.

Di satu pihak penerbitan semacam itu akan dapat memenuhi kebutuhan kader dan anggota Partai, serta kader-kader revolusioner pada umumnya akan pengetahuan teori dan politik revolusioner. Sedangkan di fihak lain akan merupakan penampung yang baik bagi hasil-hasil kegiatan Partai di bidang teori, khususnya kegiatan daripada pekerja-pekerja teori Partai.

Untuk memenuhi kebutuhan yang demikianlah sekarang diterbitkan Seri Pustaka Marxis ini.

Dalam seri ini kita muat tulisan Kawan Njoto "Sosialisme - Hari Ini dan Hari Esok Bangsa-bangsa", yang sekaligus merupakan judul seri ini. Lalu sajak Kawan Hr. Bandaharo tentang Revolusi Oktober Besar, dan sajak dari Kawan S. Anantaguna tentang Angkatan 26, yang semuanya ini berhubungan dengan peristiwa-peristiwa penting di bulan November.

Juga kita muat tulisan Kawan Nj. Sundari mengenai perjuangan Irian Barat, yang diketahui merupakan salah satu kemenangan Rakyat Indonesia yang penting dalam tahun 1962. Kemudian ada dua tulisan mengenai ekonomi, masing-masing tentang Pasaran Bersama Eropa dan Kapitalisme Negara, yang kami anggap penting bagi pengetahuan kader-kader revolusioner mengenao soal-soal ekonomi, yaitu suatu bidang yang sampai sekarang masih belum cukup banyak mendapat tempat dalam penerbitan-penerbitan kita.

Nah, ini tambahan dari saya (KA), selain itu semua ada juga beberapa artikel lain lagi. Misalnya pesan Politbiro Partai atas diselenggarakannya Kongres Partai sealiran di Cekoslowakia, Bulgaria, Hongaria, dan Italia. Pesan itu juga menjelaskan tentang situasi dunia internasional serta gerakan komunis internasional waktu itu.

Majalah yang tampak di blog adalah Edisi 1/Perdana/1963.

Tidak ada komentar: