Rabu, 07 September 2011

Majalah Lama: "Forum" Tahun 1957




Penerbit: Jajasan Forum. Alamat Redaksi: Diponegoro No. 74, Djakarta III/19. Direksi: M. Anis Ibrahim; Usman Mahmud. Redaksi: M. Alwi Dahlan (Penanggung Djawab); Irma S. Ramelan; Mr. M. Hussyn Umar; Mr. Darmawan Sutjipto; Ismuwil; Muchlis Tahar; Eva Suryasumirat; Wagijono Ismangil Haffnar. Redaktur Muda: Bambang Harianto; Lulica Warokka; Sjamsoeddini Wongsoharsono; Harles Herwinarni Tondokusumo; Kunaenah Sjafruddin; Fahmida Husein. Sekretaris: Stti Roekmini.

Motto: Majalah Umum Mahasiswa. Majalah ini dimaksudkan sebagai penghubung antara mahasiswa dan masyarakat. Isinya, selain artikel yang berkaitan dengan dunia mahasiswa, juga ada beberapa tulisan yang sifatnya umum. Dalam edisi ini, misalnya, ada tulisan Mr. M. Hussyn Umar yang berjudul "Sekilas Fikiran tentang Hubungan Almunnus & Alma Mater". lalu Sundari Mundingsari menulis soal "Bahasa Indonesia di Antara Kita Sama Kita". Ada juga tentang musik, puisi, dan lain-lain.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 7/8/Tahun IV/Nopember-Desember 1957. Harga: Rp. 2,50. Cover Depan: Sri Amaranti, Queen GMD 1957 dan pemenang 2 hadiah Blouse Contest Fakultas Hukum UI.

Catatan: Dalam sejarah pers di Indonesia, ada beberapa nama majalah yang menggunakan atau memakai nama "Forum". Beberapa bisa dilihat di blog ini.

Tidak ada komentar: