Jumat, 01 Januari 2010

Majalah Lama: "Soeloeh Ra'jat Indonesia" Tahun 1930


Penerbit: "Persatoean Bangsa Indonesia". Alamat Kantor: Boeboetan No. 4, Soerabaja. Redactie dan Administratie: Tjindar Boemi. Pembantu Tetap: Dr. R. Soetomo; Mr. M. Soewono; R. Koesmadi; Joh. Wanaey; R. Rooslan Wongsokoesoemo; Adinegoro (Medan); Farid Abdoellah (Cairo).

Terbit tiap hari Sabtu. Isinya adalah aneka berita dan artikel yang sedang hangat saat itu. Ada soal politik, sosial, ekonomi, dan lain-lain. Misalnya saja, pada edisi ini dimuat ulasan soal kongres "Poetri Indonesia". Lalu, Adinegoro menulis dua artikel, yakni "Pergerakan Kebangsaan" dan "Winston Churchill contra Mac Donald". Beberapa nama rubriknya, antara lain, Edaran Politik; Loear Indonesia; Dari Kalangan Kita; Financien dan Handel; Soeara Pers; dan lain-lain. Sebagian isinya ditulis dalam bahasa Indonesia dan sebagian dalam bahasa Belanda.

Catatan: Tak ada keterangan nomor edisi, bulan, dan tahun terbit. Perkiraan sementara saya, majalah ini terbit akhir Desember 1930 atau minggu pertama Januari 1931. Harga Langganan: f 2.25 (satu kuartal).

Tidak ada komentar: