Kamis, 06 Januari 2011

Majalah Lama: "Dunia Merdeka"



Penerbit: Kantor Penerangan Amerika Serikat. Alamat Redaksi: Tak ada keterangan spesifik. Pengelola: Tak ada keterangan spesifik.

Isinya cukup beragam. Ada soal politik, sosial, ilmu pengetahuan, hiburan, seni, dan masih banyak lagi. Dalam edisi ini, misalnya, ada tulisan tentang usaha memajukan kesehatan umum di Tahiland. lalu soal Lima puluh tahun pendidikan di Filipina; Pesta air di Kamboja; Orang-orang Asia di Amerika Serikat; dan masih banyak lagi.

Catatan: Ada tiga majalah dengan nama Dunia Merdeka ini yang saya punya. Dalam keterangan penerbitnya, tiga-tiganya berbeda, Yakni Kantor Penerangan Amerika Serikat; RPC Manila; dan penerbit Dunia Merdeka, Manila. Tapi ketiganya menggunakan bahasa yang sama: Indonesia.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi Nomor 6/Tahun 1. Tak ada keterangan tahun. Harga: Dua rupiah. Keterangan Cover: Tiga anak Korea duduk di tunggul batu di Pusan, tersenyum gembira di muka juru potret yang turut bersama-sama dengan pasukan-pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membantu negeri anak-anak ini memukul mundur agresi komunis.

Tidak ada komentar: