Sabtu, 03 Juli 2010

Majalah lama: "Ta'bir Mahabharata" Edisi Perdana


Penerbit: Tak ada keterangan spesifik. Redactie - Administratie: R.M. Soetarta Hardjawahana. Alamat: Timoeran, Solo.

Terbit bulanan. Majalah ini satu grup dengan majalah Mahabharata Kawedar (Juga ada di blog ini). Bahkan, majalah ini boleh disebut sebagai "terjemahan" atau edisi bahasa Melayu dari Mahabharata Kawedar, yang berbahasa Jawa itu. Jika Mahabharata Kawedar terbit tiap tanggal 1, maka Ta'bir Mahabharata ini terbit setiap tanggal 15.

Isinya adalah aneka pelajaran hidup yang diambil dari Kitab Mahabharata. Dalam edisi ini, misalnya, diceritakan mulai dari asal-susl Buku Mahabharata sampai beberapa bagian isinya. Misalnya tentang memelihara watak, kewajiban seorang bapak, kewajiban anak laki-laki, dan masih banyak lagi.

Majalah yang tampak di blog adalah Edisi No, 1/Tahun I/15 Juli 1936. Harga Langganan: f 0,75 per kuartal.

4 komentar:

Marcell Siahaan mengatakan...

Salam sejahtera.

Saya ingin menanyakan kira-kira dimana saya bisa mendapatkan minimal copy dari majalah ini? Saya tertarik sekali ingin membacanya, karena Raden Mas Soetarto Hardjowahono adalah kakek dari ibu kandung saya. Terima kasih sebelumnya.

-Marcell Siahaan, penyanyi-

Kemala Atmojo mengatakan...

Dear Marcell,
Terima kasih atas kunjungan Anda ke blog saya. Selain majalah Ta'bir Mahabharata ini, Anda juga harus membaca majalah Mahabharata Kawedar. Juga ada di blog ini. Sebab majalah Mahabharata Kawedar juga dipimpin oleh R.M. Soetarta Hardjawahana.
Mungkin Anda bisa membaca majalah ini secara lengkap di perpustakaan Nasional. Mungkin. Sedangkan koleksi saya ya sebatas yang saya pasang di blog ini saja. Saya memang punya majalahnya, tapi terbatas eksemplarnya.
O, ya, di majalah ini dimuat foto beliau. Apakah Anda berminat untuk melihat fotonya? Jika ya, saya bisa scan dan email kepada Anda.

Demikian jawaban sementara dari saya.

Best regards,
K. Atmojo

Anonim mengatakan...

Saya ada stock bnyak majalah mahabarata kawedar....buat saudara marcel kl mau fotocopy an nya saya bisa bantu

Anonim mengatakan...

hub saya di 08995325172